Pages

Subscribe:

Kamis, 23 April 2015

SISTEM PENGOLAAN SERVICE BENGKEL



SISTEM  PENGOLAAN SERVICE BENGKEL
Riskardila93@gmail.com


Riska RizQ
4/1/2015






Deskripsi
1.      Customer melakukan pendaftaran untuk pelayanan service kendaraan kepada Manager
2.      Manager mencatat pendaftaran pelayanan service
3.      Manager  melakukan Login untuk pengecekan nama customer
4.      Manager  melakukan Login jika nama customer sudah  ada  maka  akan  tmuncul nama customer  pada menu member ,
5.      Manager melakukan Login jika nama customer belum ada pada daftar maka manager membuatkan daftar member untuk customer,
6.      Setelah itu Manager memberikan perintah kepada Mekanik
7.      Manager memberikan informasi tentang pelayanan service customer kepada Mekanik
8.      Mekanik mendapatkan perintah service dari Manager
9.      Mekanik melakukan perintah service kendaraan customer dari Manager
10.  Mekanik melihat keluhan kendaraan customer dari informasi yang diberikan Manager
11.  Mekanik melakukan pengecekan kendaraan yang akan di service
12.  Mekanik melakukan service kerusakan kendaraan
13.  Mekanik  telah selesai melakukan service pada kerusakan kendaraan 
14.  Mekanik memberikan konfirmasi penyelesaian kepada customer
15.  Customer  melakukan  pengecekan  maintenance  pada  kendaraanya yang telah di service.



Use Case Diagram
Aktor :
1.      Customer
2.      Manager
3.      Mekanik
Use Case :
1.      Login
2.      Daftar Service
3.      Perintah Service
a.       Pendaftaran member
b.      Member
4.      Service Kendaraan
a.       Keluhan kendaraan
b.      Cek kendaraan
c.       Service kerusakan kendaraan
d.      Konfirmasi penyelesaian
e.       Cek maintenance

Gambar.Use Case Diagram Service Bengkel

Class Diagram
Sistem yang ada pada Class Diagram ini memiliki 4 kelas yang terdiri dari :
1.      F Login
2.      F Daftar_Service
3.      F Perintah_Service
4.      F Service_Kendaraan

Gambar.Class Diagram Service Bengkel
Form Login dengan  Form Daftar Service relationships nya yaitu :
Nama_customer ,  alamat_customer, nama_kendaraan, dan tgl_daftar
Form Dafrat service dengan Form Perintah Service relationships nya yaitu :
Nama_customer ,  alamat_customer, nama_kendaraan, dan Keluhan_kendaraan

Form Perintah Service dengan Form Service Kendaraan relationships nya yaitu :
Nama_customer, nama_kendaraan, dan Keluhan_kendaraan.
Sequence Diagram 


Gambar.Sequence Diagram Service Kendaraan
Langkah-langkah
1.      Pendaftaran service
2.      Daftar keluhan
3.      Menerima daftar service
4.      Masukan data customer
5.      Data customer dan keluhan kendaraan
6.      Informasi customer dan keluhan
7.      Data customer, keluhan, service kerusakan kendaraan dan konfirmasi penyelesaian
8.      Informasi pelayanan service
9.      Melakukan pengecekan kendaraan
10.  Pelayanan service kendaraan telah selesai